Saturday, December 22, 2012

Serut ngeRock

Desember 2011

Maksudnya serut (streblus asper) yang tumbuh dibatu :). Batang pohon berada didalam batu, tumbuh miring ke kiri.  Dulu, pertama kali melihat pameran bonsai dibuat takjub dengan pohon yang tumbuh dibatu (juga dengan bonsai yang lain juga, kok bisa dibikin spt itu). Ketika sudah mulai menekuni hobi bonsai dan membaca beberapa referensi baru ngeh. Membuat pohon tumbuh melekat dibatu butuh waktu yang lama jika dibikin sendiri dengan memasukkan calon pohon (batang/akar) ke batu untuk kemudian ditanam. Yang instan adalah berburu di alam.


Tampak depan. Sudut pandang ini kupilih sebagai bagian depan (sudut pandang utama).

 Tampak samping. Pertumbuhan lebih dominan kesisi kiri (belakang).

Foto diatas merupakan penampakan pohon serut dipenghujung 2011, tak lama setelah aku beli. Awalnya pohon ini ditanam dimedia tanah dan beberapa ranting sudah dikawat untuk memberi bentuk. Semuanya aku bongkar. Kawat dilepas. Pohon dicuci sampai ke akar-akarnya dan media tanam diganti ke pasir malang. Harap-harap cemas akan kelangsungan hidup pohon ini.


Desember 2012

Serut merupakan tanaman yang bandel. Penggantian media yang drastis ternyata direspon bagus oleh pohon ini. Tidak ada ranting yang mati. Semua tumbuh subuh sampai gondrong dan kehilangan bentuk. Pot tanam pada gambar diatas pecah saat dan aku ganti dengan pot yang lebih besar seperti gambar dibawah. Sudut kemiringan juga ditambah. Sepanjang 2012 seingatku 2x aku melakukan penggundulan pohon dan melakukan pemilihan ranting yang dipertahankan tumbuh. Oh ya, aku berusaha keras tidak menggunakan lilitan kawat untuk membentuk gerakan/arah perantingan, mencoba mempraktekkan gaya training lingnan. 

Dengan ijin Allah, akhirnya tumbuh tunas juga untuk mengisi kekosongan dibagian depan.


Weekend lalu, saat ranting-ranting baru tumbuh panjang, saatnya melakukan pemilihan ranting yang akan dibiarkan tumbuh atau akan dieliminasi. Hasilnya seperti foto dibawah. Ranting-ranting yang dulu hanya sebesar lidi sekarang sudah semakin besar, dan mulai proporsional.

Tampak depan - belakang

Fokus berikutnya adalah mengolah bagian bawah. Makanya beberapa ranting kubiarkan tumbuh panjang. Bagian atas rasanya ndak lama lagi bisa terlihat mature.

Ada lagi ding, punggung batu bagian belakang kurang dramatis, harus dipahat.

No comments:

Post a Comment