Sunday, February 17, 2013

Menggunduli Serut


Gara-gara kutu pohon serut yang sedang enak-enaknya tumbuh menikmati lembabnya musim hujan harus digunduli. Cabang yang sedianya aku biarkan tumbuh liar harus aku potong. 

Serangan kutu ini diawali dimusim hujan ini. Daun-daun tunas muda kok ada bintik-bintik coklat. Lama-lama makin banyak, dan menyerang tunas-tunas baru. Daun menjadi gampang rontok. Aku teliti ndak ada ulat. Yang terlihat hanya bintik coklat di batang/tunas muda. Kucoba kukorek denga kuku dan sepertinya itu kutu yang menggangu serutku ini. Tindakan drastis harus dicoba. Menyemprot dengan insectisida tidak ngefek. Mungkin larutannya kurang pekat, mungkin pas nyemprot hanya daun yang kena, sedangkan sela2 daun atau dibalik2 batang tidak maksimal. Tadi pagi aku gunting semua daun, aku sikat menggunakan sikat gigi bekas diseluruh batang dan cabang dengan larutan insectisida yang pekat. 

Semoga saja tidak ada cabang dan ranting bahkan pohon yang mati akibat dan kutu juga terusir.

Oh iya, kutu ini hanya menyerang serut. Pohon lain dirumah belum ada indikasi yang aneh-aneh.

No comments:

Post a Comment