Tuesday, September 25, 2012

Kutu Putih di Batang Wahong

Libur yang lalu ada paket dalam ukuran besar datang ke rumah. Isinya 3 pohon kiriman teman bonsai dari Nganjuk. 

2 pohon wahong aka premna dan 1 serut (streblus asper).

 Wahong (Premna)

Setelah paket dibongkar dan pohon dikeluarkan, saatnya inspeksi tanaman. Wahong merupakan tanaman yang disukai kutu putih. Kutu tersebut kerasan sekali tinggal dibawah kulit pohon yg mati. Batang pohon sepintar bisa terlihat sehat walafiat, tapi jika lebih detil diamati akan terlihat koloni kutu putih yang sedang asyik ngerumpi. Jika tidak segera dibersihkan, kutu putih tersebut akan membuat cabang atau batang bahkan pohon yang ditempati almarhum.


 Bercak putih dikulit merupakan indikasi kutu putih sudah berkoloni :(

Kulit pohon yang kering akan menambah keren bonsai karena terlihat semakin mature, tapi tidak dengan wahong. Kulit tua yang sudah mati dan kering harus dibersihkan dari batang, karena dijadikan sarang koloni kutu putih.

Pengusiran koloni kutu putih dilakukan dengan membuang kulit-kulit pohon yang sudah mati, menyikat pohon menggunakan sikat gigi bekas yang diolesi sabun colek. Digosok dengan semangat sampe lapisan kering kulit terkelupas. Perlakuan seperti ini menjadi aktivitas preventif rutin yang dilakukan dua minggu sekali sampai benar-benar aku yakin koloni kutu putih sudah tidak ada. Setelah dirasa batang wahong bersih, perlakuan seperti ini bisa dilakukan sebulan sekali, plus ditambah dengan semprotan pestisida.
 


Selain bersih-bersih kutu putih, wahong yang baru datang harus diganti media yang aku yakini paling tepat. Pasir malang! Hiks ... karena kecerobohanku pada saat membongkar pot banyak akar serabut yang putus.

Walau wahong dikenal sebagai pohon yang tahan banting, rasa khawatir kalau pohon ini tidak survive juga menggelayuti hati. Saat ini daun wahong masih terlihat layu. Biasanya butuh beberapa 2 mingguan untuk mengembalikan kebugaran pohon setelah akar serabut terpotong. 


Oh ya, aku belum pernah doping vitamin B1 ketika membongkar tanaman dari media. Katanya doping vitamin B1 bisa mengurangi stres tanaman. Hasil bertanya kepada mbah google, hal tersebut hanya mitos. 

Btw, Depok sudah memasuki musim hujan. Alhamdulillah penyiraman bonsai cukup sehari sekali saja. Tapi .... koloni kutu putih siap menebar ancaman kepada wahong! Waspadalah waspadalah!!!

No comments:

Post a Comment